Tips Untuk Investasi Saham Bagi Pemula
Tips Untuk Investasi Saham Bagi Pemula

Tips Untuk Investasi Saham Bagi Pemula

Hi-Codding.net – Menjadi mapan dalam segi finansial tentu menjadi impian setiap orang. Apalagi jika melakukan investasi saham. Namun bagi yang awam, memahami Tips Untuk Investasi Saham Bagi Pemula ini sangat penting sekali tentunya.

Apakah anda adalah salah satu orang yang saat ini ingin mewujudkan finansial freedom melalui investasi saham? Namun sangat disayangkan, tidak semua orang dapat menunjang pasif yang tentunya dapat mengangkat segi keuangan kamu.

Nah jika kalian adalah pemula dalam dunia investasi saham, berikut ini admin akan memberikan tips sehat agar kamu bisa melakukan investasi saham, yang kemudian harapannya kamu bisa sukses dalam menekuni bisnis di dunia saham ini.

Bagaimana untuk dapat melakukan investasi saham yang benar tersebut ? Mari kita simak ulasannya dibawah ini !

1. Memilih Sekuritas Dengan Biaya Transaksi Yang Kecil

Dalam berinvetasi saham sebenarnya sangat mudah sekali dilakukan oleh siapa saja. Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk memulai investasi saham adalah dengan membuka rekening efek yang nantinya difasilitasi oleh perusahaan sekuritas.

Setelah kamu berhasil membuka rekening efek, kamu bisa melakukan investasi saham dengan cara top-up sejumlah dana terlebih dahulu ke rekening efek yang tadi telah berhasil di buat. Setiap kali kamu bertransaksi dalam membeli saham, maka perusahaan akan memungut biaya transaksi.

Dan biaya yang di pungut oleh perusahaan sekuritas bisa berbeda-beda dan tergantung perusahaan yang kamu pilih. Biasanya biaya yang dipungut adalah 0.19% untuk pembelian dan 0.29% untuk penjualan. Namun ada juga terdapat perusahaan sekuritas yang memungut biaya sebesar 0.15% serta 0.20% untuk penjualan.

Supaya keuntungan yang bisa kamu dapatkan semakin besar, tentu kamu perlu memperhatikan jumlah biaya transaksi perusahaan sekuritas yang di pilih. Dengan memilih perusahaan sekuritas atas jumlah transaksi yang kecil, maka kamu dapat memaksimalkan keuntungannya.

Namun ada hal yang perlu kamu ingat, biasanya biaya transaksi ditentukan dari kualitas pelayanan dan aplikasi perusahaan sekuritas itu. Jadi kamu harus memilih perusahaan sekuritas yang bisa menyesuaikan keadaan keuangan yang kamu miliki saat ini.

2. Pilih Saham Perbankan Atau Consumer Goods

Cara berikutnya adalah dengan memilih saham yang berasal dari perusahaan yang bergerak di dalam bidang perbankan atau Consumer Goods. Mengapa demikian ? Karena kedua perusahaan ini dapat dikatakan sebagai perusahaan dengan bisnis yang sederhana.

Selain itu, perusahaan tersebut juga bisa mencetak laba yang signifikan di setiap tahunnya. Jadi biasanya harga saham akan naik dan cenderung stabil.

3. Belilah Saham Yang Dikeluarkan Oleh BEI

Sebelum kamu membeli saham, pastikan bahwa kamu telah mengidentifikasi bahwa saham tersebut telah terdaftar di BEI (Bursa Efek Indonesia). BEI adalah pihak yang menyediakan dan menyelenggarakan sistem dan sarana untuk mempertemukan penawaran jual dan beli efek pihak lain dengan tujuan memperdagangkan efek itu.

Selain itu, BEI melalui situs resminya menampilkan detail profil anggota bursa, partisipan dan juga dealer utama sebagai bahan untuk pertimbangan dalam berinvestasi.

4. Belilah Saham Bagus Saat Harganya Turun

Saat ini banyak investor awam atau bisa dikatakan pemula yang memiliki pemahaman untuk menghindari harga saham yang sedang turun. Namun sebenarnya, pemahaman itu tidaklah seluruhnya benar. Karena ada beberapa kasus yang membeli saham ketika harganya turun, dan harganya kembali naik dan memuncak tinggi.

Nah, dengan menggunakan metode tersebut, tentunya kamu bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal di kemudian hari. Tetapi kamu juga harus tetap memperhatikan aspek lainnya, agar semuanya bisa stabil, teratur dan terkendali.

Baca juga :

Demikian Tips Untuk Investasi Saham Bagi Pemula yang kami sampaikan dalam artikel ini, semoga apa yang kami sampaikan ini bisa bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *