SOURCE CODE Aplikasi Maps Di Android

Coding Maps Di Android – Teknologi mobile phone / smartphone sekarang sudah semakin maju dan canggih sehingga tidak mengeherankan bahwa ada fitur yang memungkinkan ada menemukan, mencari serta menvisualisasikan posisi kita ke dalam peta lokasi fisik ( Google Maps ). Kita dapat membuat peta berbasis Google Maps sendiri dan menjadikannya sebagai elment dalam layout User Interface ( UI ) yang kita gunakan dalam aplikasi android. Kita dapat melakukan akses penuh ke peta Google Maps, dan memungkinkan kita untuk mengontrol pengaturan tampilan, mengubah tampilan zoom lokasi, dan memindahkan lokasi tampilan.

SOURCE CODE Aplikasi Maps Di Android

Baca juga : Cara Mendapatkan Api Key Google Maps
Pada kali ini kita akan membahas mengenai Coding Maps Di Android agar dalam aplikasi kita selanjutnya yaitu Aplikasi Android Coding Maps dan Aplikasi Android Coding Maps Detail kita dapat lebih jelas dan mengerti mengenai komponen dan fungsi coding maps ini.
Pada bagian ini kita akan mencoba membahas tentang Location Based Service ( LBS ) yaitu service yang berfungsi untuk mencari dengan teknologi GPS dan Google’s cell-based location. Maps dan layanan berbasis lokasi menggunakan lintang dan bujur untuk menentukan lokasi geografis, namun sebagai user kita membutuhkan lokasi geografis, namun sebagai user kita membutuhkan alamat atau posisi realtime kita bukan nilai linang dan bujur. Android menyediakan Geocoder yang mendukung foward dan reverse geocoding. Menggunakan geocoder, Anda dapat mengonversi nilai lintang bujur menjadi alamat dunia nyata atau sebaliknya.

A. Location Based Service

Location Based Service (LBS) atau layanan berbasis lokasi adalah istilah umum yang digunakan untuk menggambarkan teknologi yang digunakan untuk menemukan lokasi perangkat yang kita gunakan. Dua unsur utama LBS adalah :

  • Location Manager (API Maps)

Menyediakan tools/source untuk LBS, Appication Programming Interface (API) Maps menyediakan fasilitas untuk menampilkan, memanipulasi maps/peta beserta feature-feature lainnya seperti tampilan satelit, street (jalan), maupun gabungganya. Paket/package ini berada pada com.google.android.maps.

  • Location Providers (API Location)

Menyediakan teknologi pencarian lokasi yang digunakan oleh device/perangkat. API Location berhubungan dengan data GPS dan data lokasi real-time. API location beberapa jauh paket android yaitu dalam paket Android.location. Dengan Location Manager, kita dapat menentukan lokasi kita saat ini, Track gerakan/perpindahan, serta kedekatan dengan lokasi tertentu dengan mendeteksi perpindahan.

B. Bekerja Dengan GPS pada Emulator

Untuk mencari posisi location kita sebenarnya kita membutuhkan hardware GPS, namun kita juga tetap dapat menggunakan GPS di emulator dengan menyimuulasikannya dengan tools DDMS yang sudah disediakan di dalam Android SDK kita, kebanyakan sistem GPS menggunakan file track GPX, sedangkan KML digunakan secara ekstensif online untuk mendifinisikan informasi geografis. Kita dapat mendapatkan KML secara otomatis menggunakan Google Maps.
Untuk mengaktifkan GPS di emulator, Anda dapat menjalankan file ddms (davlik debug monitors system) yang berada di folder tools android sdk atau dengan cara Buka program eclipse anda kemudian klik Windows > Other Prespective > Other > DDMS. Seperti tampilan berikut :

SOURCE CODE Aplikasi Maps Di Android || emulator control

Untuk mendapatkan nilai longitude dan latitude suatu daerah bisa anda ambil di maps.google.com. Tetapi pada perangkat mobile smartphone sesungguhnya nilai itu bisa langsung kita dapatkan karna sudah di sediakan di gps_provider. DDMS location control di atas akan bertindak sebagai GPS reciver. Perlu di ingat GPS value tidak akan berubah sampai dengan ada aplikasi yang melakukan update lokasi.
Baiklah cukup sampai disini penjelasan kami mengenai Coding Maps di Android selanjutnya kita akan membuat aplikasi yang dapat mendapatkan nilai dari gps.provider dan tampilan Maps Google.

Sumber :  Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan tablet PC Berbasic Android Penerbit Informatika, Bandung, 2012 By : Nazruddin Safaat.

Coding Maps Di Android anda sekarang sudah selesai, baca juga tutorial membuat aplikasi android lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *