OpenCV: Cara Installasi Visual Studio 2012 dan OpenCV

Opencv

Opencv adalah salah libari yang paling populer digunakan untuk pengolahan citra digital (image processing). Opencv dapat disertakan ke dalam berbagai bahasa pemrograman.
Pada tutorial ini kita akan menggunakan Visual C++. Visual C++ terdapat dalam Microsoft Visual Studio. Jadi sebelum kita mengkonfigurasi OpenCV, terlebih dahulu kita harus menginstall Microsoft Visual Studio. Bagi yang tidak memiliki versi berbayar dari Visual Studio, dapat menggunakan edisi gratis yang disebut dengan Microsoft Visual Studio Express.
Edisi yang kita gunakan dalam percobaan ini adalah Microsoft Visual Studio 2012 Express yang dapat didownload pada :http://www.microsoft.com.en-us/download/details.aspx?id=34673. Pada saat membuka link tersebut, kita disajikan teknik download dengan 2 opsi:

  • vs2013.4_dskexp_ENU.iso
  • wdexpress_full.exe

Pada cara pertama, file download kecil. Namun proses installasi harus terkoneksi ke internet. Sedangkan pada cara kedua, file download besar dan untuk proses installasi dapat dilakukakn secara offline namun tetap harus terhubung ke internet pada proses register.
Proses register terdapat juga pada cara pertama. Hal ini diperlukan untuk mendapatkan licence free tanpa limit time. Jika proses ini diabaikan, maka kita hanya menggunakan selama 30 hari.
Pada tutorial ini kita akan melakukan installasi dengan model cara kedua yaitu file : wdexpress_full.exe.

Read :  Cara Setting DHCP Server Dengan Cisco Packet Tracer

Langkah-langkah installasi

Klik file wdexpress_full.exe, kemudian pilihlah lokasi penginstallan dan klik install seperti yang ditunjukkan oleh gambar.1 :

Gambar.1
Pada tahap berikutnya, pastikan koneksi internet anda stabil. Karena proses ini akan melakukan acquiring dan applying keseluruhan file seperti yang ditunjukkan oleh gambar 2:

Gambar.2
Pada saat proses installasi selesai, klik Restart pada tombol “Restart Now”, kemudian anda diharuskan melakukan registrasi secara online untuk mendapatkan free edition tanpa limit waktu seperti yang ditunjukkan oleh gambar.3 :

Gambar.3
Setelah proses registrasi selesai, sekarang kita akan melakukan proses konfigurasi OpenCV pada Microsoft Visual C++ 2012. Download terlebih dahulu OpenCV. Disini saya memilih OpenCV Version 3.0 RC1 dengan platform Windows. Anda bisa memilih versi yang terbaru.

Read :  Cara Install Debian 5

Karena kita akan membahas konfigurasi OpenCV under windows, maka pilihlah platform windows. Kemudian extractlah file opencv anda ke lokasi yang diinginkan, dalam hal ini saya memilih drive C:\, sehingga nantinya akan tercreate otomatis folder C:\opencv.

Langkah berikutnya kita harus menglocated file opencv pada Environment Variables. Ikuti langkah-langkah berikut :

Klik Start->klik kanan Computer->, kemudian pilih Advanced System Setting->klik tombol Environment Variables, pada bagian System variables klik New, kemudian ketikkan OPENCV_DIR pada Variable name dan ketikkan C:\opencv\build\ pada Variable value dan tekan OK seperti yang ditunjukkan oleh Gambar.4 dibawah ini :

Gambar.4
Kemudian klik Path pada System variables dan klik Edit, tambahkan ;%OPENCV_DIR%\x86\vc11\bin jika menggunakan platform Windows 32 bit, untuk yang 64 bit tambahkan ;%OPENCV_DIR%\x64\vc11\bin seperti yang ditunjukkan gambar.5 dibawah ini :

Read :  Topbos.com Reset Kata Sandi Dan Top Bos Login

 Gambar.5source code program source code scanning open source programming linux code source code analysis definition of open source software open source coding web source code open source repository free source code repository c coder learn source 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *