Mengenal HEX Color Untuk CSS

Dalam kode css, pemberian warna pada suatu elemen dapat dilakukan dengan 3 metode, yaitu dengan HEX Color, RGB Color dan Color Name. Pada tulisan kali ini membahas bagaimana pemberian warna dengan metode HEX Color.
Terdapat 3 warna primary color, yaitu red(merah), green(hijau) dan blue(biru). Ketiga warna tersebut direpresentasikan/dinilaikan dengan menggunakan hex code(sistem 16) yang terdiri dari 10 angka pertama menggunakan angka 0 hingga 9 dan 6 angka selanjutnya menggunakan huruf a hingga f.

Kuantitas warna red green blue berkisar antara 0 hingga 255 dengan 0 adalah nilai minimum dan 255 adalah nilai maksimum. Bila dikonversikan ke hex code, 0 tetap dinilaikan dengan  sedangkan 255 dinilaikan dengan ff.

Read :  Kisah Untuk Geri Episode 8 Full

Hex code terdiri dari 6 digit, 2 digit pertama untuk red, 2 digit kedua untuk green dan 2 digit terakhir untuk blue. Misalnya kita ingin memberi warna merah, maka kode hexnya adalah ff0000. Karena dengan memaksimalkan nilai red dan meminimalkan nilai green dan blue maka yang tercipta adalah warna merah. 

Misalnya kita ingin memberi warna hijau pada elemen h1, maka kode cssnya seperti ini:
h1 { color: #00ff00; }

Pemberian warna dengan hex code dimulai dengan tanda tagar (#) sebelum code hexnya. Contohnya, warna merah = #ff0000 hijau = #00ff00 dan biru = #0000ff. Dengan banyaknya kombinasi hex code yang dapat digunakan, warna yang dapat tercipta juga banyak.

Read :  Download FF Advance Server 2021 April

referensi: http://blog.kursusmandiri.com/tutorial/kode-hex-warna/ http://www.w3schools.com/html/html_colors.asp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *